Khasiat Kopi Luwak

Apa sich kopi luwak itu?????? Apa bedanya dengan kopi yang selama ini kita kenal?? nihh..aku punya artikel tentang kopi luwak.... waktu ngebaca aratikel ni sendiri kanget,,koq bisa ya kopi dari kotoran luwak???? hmmm,,,,,,, ya dahh... silahkn dibaca aja ya....


Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi kotoranluwak/musang kelapa. Biiji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Kemasyhuran kopi ini di kawasan Asia Tenggara telah lama diketahui, namun baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah publikasi pada tahun 1980-an. Biji kopi luwak adalah yang termahal di dunia, mencapai USD100 per 450 gram. yang diambil dari sisa

Kemasyhuran kopi ini diyakini karena mitos pada masa lalu, ketika perkebunan kopi dibuka besar-besaran pada masa pemerintahan Hindia Belanda sampai dekade 1950-an, di mana saat itu masih banyak terdapat binatang luwak sejenis musang.

Luwak, atau lengkapnya musang luwak, senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buahkopi sebagai makanannya. Luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya, dan setelahnya, biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak. Dan konon, rasa kopi luwak ini memang benar-benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi.

Bagi para penikmat minuman kopi pasti penasaran untuk bisa mencicipi kopi luwak. Selain aroma dan citra rasanya nikmat membelai lidah khasiat kopi pun diyakini bisa meningkatkan stamina tubuh. Uniknya, kopi ini diolah dari biji kopi yang dihasilkan hewan luwak bersamaan dengan keluarnya kotoran hewan tersebut.

Biji kopi luwak yang belum diproses, bentuknya seperti kotoran hewan, karena memang merupakan kotoran dari binatang luwak, sejenis tupai yang memakan buah kopi. Meski berupa kotoran, namun biji kopi ini tidak berbau busuk dan rasanya tidak berubah. Bahkan kopi luwak diyakini mengandung zat tertentu yang bisa meningkatkan stamina tubuh.

Proses penyajian kopi luwak berbeda dengan pembuatan kopi biasa. Dimana bubuk kopi luwak langsung dimasak didepan pembelinya dengan alat yang disebut mocca pot.

"Alat ini akan menghasilkan espreso yang memang benar-benar nanti akan menimbulkan kremnya, seperti busa yang ada diatas kopi yang menandakan bahwa kopi itu fresh dan segar) dari kopi itu sendiri," jelas seorang pembuat kopi luwak.

Setelah 5 menit, kopi luwak siap disajikan. Biasanya dengan diberi tambahan gula dan krimer. Satu porsi atau mocca pot kopi luwak relatif mahal yakni 200 ribu rupiah yang biasanya cukup disajikan untuk 3 orang dengan menggunakan cangkir kecil.

Meski harganya relatif mahal, namun peminat kopi luwak cukup banyak, karena kopi luwak diyakini berkhasiat meningkatkan stamina tubuh. " Pokoknya kopi luwak ini enak banget dan sangat beda dengan kopi biasanya, meskipun mahal saya tetap mengkonsumsi kopi ini, karena saya sendiri adalah pecinta kopi, sebab kopi ini bisa meningkatkan stamina badan saya juga memuaskan hasrat saya untuk mendapatkan kopi yang rasanya nikmat, ujar Sari, penikmat kopi.

sumber: indosiar.com

3 komentar:

Noorahmah Adiany Ansari mengatakan...

mantap...
ada kopi dari kotoran ?? hihihi...
halal ioo ??

WANKEDIRI mengatakan...

Yang berdomisili di kota Kediri dan sekitarnya, nggak usah jauh2 kl mau beli kopi luwak. Saya menjual masih dalam bentuk feses / raw civet coffee, biar terjaga keasliannya dan terhindar dari pemalsuan dan penipuan. Saya memproduksi dari luak saya sendiri. Hubungi saya di no. HP. 085 649 596 246.

piko mengatakan...

kalau mau tau khasiat kopi luwak sebaik nya di coba saja kami jual kopi luwak

Posting Komentar

my photo

- 3 N -

- 3 N -